Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Menghindari Minum Soda Setelah Olahraga

Minum soda setelah olahraga terasa puas dan menyegarkan, kan? Jika Anda pernah mencobanya, atau bahkan sering, mungkin sudah saatnya berhenti melakukannya.

Ada beberapa alasan yang mendasari klaim cara melancarkan haid ini, dan tentunya didukung oleh sejumlah besar penelitian dan bukti ilmiah yang solid.

Berikut adalah tiga alasan mengapa Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman ringan setelah atau sesudah berolahraga:

Turunkan kinerja olahraga

Kenapa bisa mengurangi performa olahraga? Bagi sebagian orang, minuman ringan bisa membuat perut membengkak. Jika terlalu banyak dikonsumsi dalam waktu singkat, minuman jenis ini bisa menghasilkan kelebihan gas di perut yang menyebabkan pembengkakan. Hal ini bisa terjadi bahkan dengan sejumlah kecil soda.

Selain membuatnya tidak nyaman, kondisi perut kembung juga sangat berpengaruh dalam performa olahraga. Tidak hanya menurunkan performa, konsentrasi yang terganggu saat berolahraga justru bisa membuat Anda rentan terhadap cedera.

Mendapatkan berat

Olahraga sebenarnya adalah cara yang sangat efektif untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan. Mengonsumsi soda setelah berolahraga, terutama dalam jumlah banyak, bisa berpengaruh pada penambahan berat badan.

Secara umum, minuman berkarbonasi memiliki kalori tinggi. Jika setelah berolahraga Anda membakar 250 kalori dan minuman yang Anda minum mengandung 300 kalori, manfaat yang diinginkan dari olahraga akan sia-sia. Jadi bersiaplah untuk terkejut dengan timbanganmu!

Mengurangi kadar gula darah

Aktivitas olahraga akan menurunkan kadar gula darah Anda. Nah, bila Anda mengkonsumsi minuman ringan selama atau setelah berolahraga, kadar gula darah Anda mungkin lebih rendah, dan ini berbahaya.

Sebagian besar minuman ringan mengandung kadar gula tinggi. Bila sudah lelah, mengkonsumsi gula dalam jumlah besar bisa mengembalikan energi, namun ternyata efek ini hanya sementara.

Dengan peningkatan kebutuhan gula dan energi yang drastis, terus meningkat, tubuh Anda akan merespons dengan mengkonsumsi lebih banyak gula. Akibatnya, penyerapan gula dalam tubuh akan meningkat dan kadar gula dalam darah akan menurun.

Karena itu, fase dan siklus menstruasi mengonsumsi air putih setelah berolahraga lebih baik daripada minum soda. Air akan membuat Anda lebih berstamine untuk melanjutkan aktivitas. Dan tentu saja, itu tidak akan menyebabkan perut kembung dan masalah kesehatan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Makanan Ini Masih Dapat Kamu Konsumsi Meski Telah Kadaluarsa

Ternyata Parno Ada Manfaatnya, Lho!

Cara Mengatasi Nyeri Akibat Gigi Berlubang